KAJIAN KITAB QOWA’IDUL ARBA’AH


Kitab karya Imam Muhammad bin Abdul Wahab,  menjelaskan prinsip-prinsip utama mengenai syirik, hal yang harus diketahui setiap muslim agar tidak terjerumus kedalamnya.  Telah kita ketahui bahwa Allah tidak mengampuni dosa-dosa syirik dan mengharamkan surga bagi pelakunya. Maka sangat tidak layak bila kita tidak berusaha mengenal syirik dan bahayanya.

Kajian ini disampaikan oleh Ustadz Muhammad Nur Ihsan (hafidzahullah), berdasarkan Syarah Kitab Qowa’idul Arba’ah oleh Muhammad bin Abdir-Rahman Al-Khumayyis.

Download Syarah Kitab Qowa’idul Arba’ah

Kajian 1

– Biografi singkat Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah, karya-karya beliau serta kedudukan kitab Qawa’idul Arba’ah yang sangat penting dan mendapat perhatian dari banyak ulama yang kemudian mensyarahnya agar lebih mudah dipahami dan mendatangkan manfaat yang lebih besar bagi kaum muslimin.

– Muqaddimah ; Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab menjelaskan bahwa ada tiga karakteristik orang-orang yang berbahagia.  Silahkan simak penjelasannya pada kajian pertama ini.      Download Kajian 1

Kajian 2

– Millah Ibrahim alahisalam berdasarkan tauhid.

– Kaidah pertama : orang-orang kafir meyakini bahwa Allah adalah Maha Pencipta, namun tidak memasukkan mereka ke dalam agama  Islam dan hikmah memahami kaidah ini.   Download Kajian 2

Kajian 3

– Kaidah kedua menjelaskan perihal keadaan orang-orang musyirikin, tujuan dan maksud orang-orang musyirikin beribadah kepada selain Allah, yakni menjadikan sembahan-sembahan yang lain sebagai perantara untuk mendekatkan diri mereka kepada Allah, dan untuk mendapatkan syafaat dari sembahan yang mereka ibadahi selain Allah.

– Hakikat syafaat dalam Al-Qur’an dan syarat-syarat diterimanya syafaat serta jalan menghindarkan diri dari jatuh ke dalam kesyirikan dalam mendapatkan syafaat tersebut.  Download Kajian 3

Kajian 4

Pada hakikatnya tidak ada perbedaan antara orang-orang yang menyembah malaikat, para nabi dan orang-orang shalih, orang-orang yang menyembah matahari, bintang dan bulan, atau yang menyembah berhala-berhala berupa batu dan pepohonan. Semuanya adalah syirik dan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam memerangi mereka semua tanpa membeda-bedakan jenis kesyirikannya.

Kajian ini membahas dalil-dalil yang membatalkan argument orang-orang yang menyembah berbagai jenis sembahan yang lain selain Allah.   Download Kajian 4

Kajian 5

– Kaidah keempat, mengenai perbedaan mendasar antara kaum musyirikin di zaman dulu dan di zaman sekarang. Dimana orang-orang musyirik pada masa lalu melakukan kesyirikan pada masa-masa senang dan beribadah kepada Allah subhanahu wa ta’ala dengan ikhlas disaat-saat sulit. Sedangkan kaum musyirikin di masa sekarang melakukan kesyirikan baik pada masa senang maupun masa kesusahan dan kesulitan.

– Tanya jawab.

Download Kajian 5

Semoga bermanfaat.

This entry was posted in AQIDAH.

2 comments on “KAJIAN KITAB QOWA’IDUL ARBA’AH

  1. Hamdani mengatakan:

    Assalamu’alaikum wa rohmatullohi wa barokatuh…
    Alhamdulillah, akhirnya ketemu juga kajian kitab ini yang dibahas oleh Ust. Muhammad Nur Ihsan -hafizhahullah-

    Syukron akhi, ana sekalian izin untuk download n share diblog.

    Kalau ada waktu mampir ya..

    Wassalamu’alaikum wa rohmatullohi wa barokatuh

  2. Abu Umamah mengatakan:

    Afwan akhi, link ny expired… g bisa di donlot…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s